Jago Lagu
Jago Lagu

Update, Perbedaan Makanan Vegetarian dan Vegan

Update, Perbedaan Makanan Vegetarian dan Vegan

Update, Perbedaan Makanan Vegetarian dan Vegan (Masakapa)

CLCK.MY.ID - Sejauh mana kita mengenal vegetarian dan vegan? Jika tertarik untuk hidup lebih sehat dengan menghindari daging-dagingan, ada baiknya kita mengetahui lebih dalam tentang perbedaan makanan vegetarian dan vegan.

Meski namanya senada, keduanya punya prinsip yang berbeda.

Gerakan vegetarian pertama yang populer terjadi di Eropa pada pertengahan abad ke-19.

Perbedaan Makanan Vegetarian dan Vegan


Vegetarian pertama kali dikenalkan pada tahun 1842 oleh British Vegetarian Society, dimana Mahatma Ghandi adalah salah satu anggotanya.

India memang dikenal sebagai salah satu negara dengan penganut vegetarian terbanyak yaitu di angka 500 juta orang! Kepercayaan umat Hindu yang menghindari konsumsi daging sapi menjadi satu ungkapan mengapa gaya hidup vegetarian lebih mudah diterima di sana.


Sehingga secara umum, para vegetarian percaya bahwa hidup menjadi lebih sehat tanpa mengonsumsi produk hewani.

Maka, makanan vegetarian yang dianjurkan berkisar pada sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Daging-dagingan baik berasal dari sapi, kambing, unggas, ikan, hingga serangga tidak diperbolehkan.


Namun rupanya masih terdapat perbedaan pada aturan makanan olahan produk hewani sesuai susu, keju, mentega, dan gelatin – bergantung pada jenis vegetarian yang dianut.


Jenis-jenis vegetarian


Buah-buahan adalah andalan makanan vegetarian.

Download, Nonton dan Baca Secara Lengkap

Ada beberapa jenis vegetarian, yaitu vegetarian Lacto-Ovo, Lacto, Ovo, dan Pesco.


Lacto-ovo dalam bahasa latin berarti susu dan telur.

Berikut adalah perbedaannya.

1.Vegetarian Lacto-Ovo


Diperbolehkan memakan susu dan telur, meskipun itu produk hewani.

Namun, mereka tidak mengonsumsi daging-dagingan langsung – baik itu sapi, unggas, juga ikan.

2.

Vegetarian Lacto

Diperbolehkan mengonsumsi olahan susu sesuai keju dan yogurt, tapi tidak dengan telur apalagi daging-dagingan.


3.

Vegetarian Ovo

Berkebalikan dengan Lacto, mereka boleh mengonsumsi telur dan olahannya sesuai kue, tapi tidak dengan olahan susu dan daging-dagingan.

4.

Vegetarian Pesco

Tetap mengonsumsi ikan-ikanan atau makanan laut.

Namun, mereka tidak memakan daging sapi dan unggas.

Mereka percaya bahwa ikan-ikanan tetap baik dikonsumsi sehari-hari.

Perbedaan paham dan makanan vegetarian & vegan

Mencintai makanan tanpa menyakiti binatang menjadi prinsip para penganut gaya hidup vegan.

Nah, istilah vegan punya aturan yang berbeda lagi.

Jika makanan vegetarian punya banyak fleksibilitas, vegan punya aturan yang lebih ketat.

Mereka tidak memakan daging-dagingan dari hewan apapun baik sapi, unggas, juga ikan.

Begitupun dengan olahannya.

Mereka tidak mengonsumsi susu sapi, keju, telur, bahkan madu dari serangga.

Menurut situs resmi Vegan Society, orang yang mengklaim dirinya vegan tidak hanyak menjalani diet daging, tapi juga mengubah gaya hidupnya.

Mereka berprinsip untuk melawan segala eksploitasi terhadap hewan.

Tak hanya soal makanan, mereka menghindari pemakaian barang-barang yang menggunakan bagian tubuh binatang sesuai tas, mantel, atau sepatu kulit.

Begitupun dengan kosmetik.

Produk-produk yang menjalani tes pada binatang dihindari oleh para penganut gaya hidup vegan.

Untuk itu, ada banyak produk kosmetik dan skin care yang sudah melabeli diri dengan istilah cruelty free sebagai bentuk dukungan terhadap gaya hidup vegan.

Pola makan banyak serat dari sayuran memang memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Sejumlah penelitian menyebut bahwa pelaku vegetarian juga vegan cenderung memiliki kolesterol yang stabil dan lemak jenuh yang rendah karena mereka tidak mengonsumsi daging merah.

Penyakit diabetes juga dapat lebih mudah dihindari oleh para penganut vegan juga vegetarian.

Di sisi lain, mereka dapat jadi kekurangan nutrisi sesuai vitamin B12 yang biasanya terdapat pada daging.

Inilah yang dapat menyebabkan anemia.

Untuk itu, keputusan untuk menjadi seorang vegetarian juga vegan harus dilakukan dengan perencanaan yang matang.

Yang terbaik adalah untuk tetap menyeimbangkan pola makan.

Misalnya saja, karena kita tidak meminum susu, kebutuhan kalsium dapat didapatkan dari gandum, brokoli, dan kubis.

Begitupun dengan kebutuhan terhadap kandungan zinc atau seng yang biasanya kita dapatkan dari daging unggas, dapat kita ganti dengan konsumsi kacang-kacangan sesuai kacang tanah dan kedelai.

Jadi, sudah sejauh mana persiapan untuk menjadi penganut vegan atau vegetarian?

Sebarkan artikel

Bebas Susu

Organik


Rendah Gula

Vegan

Vegetarian

Sebarkan artikel

Telusuri berdasarkan

Inspirasi Dapur

Makanan & Gaya Hidup

Tips Masak

Artikel terkait

5 Ide Aneka Appetizer yang Lezat dan Wajib Hadir di Atas Meja Makan

Makanan & Gaya Hidup

5 Kreasi Masakan Telur yang Spesial untuk Menu Harian

Makanan & Gaya Hidup

Apa Saja sih Masakan Lobster Khas Restoran yang Terkenal? Cari Tahu, Yuk!

Makanan & Gaya Hidup

5 Rekomendasi Masakan Rumahan dari MAHI untuk Idul Adha

Makanan & Gaya Hidup

Inilah 5 Alasan untuk Menggunakan Minyak Wijen Dalam Masakan Sehari-Hari

Inspirasi Dapur

4 Jenis Dimsum Ini Sering Kita Temui di Restoran, Apakah Perbedaannya?

Makanan & Gaya Hidup

Artikel lainnya

Tutup

Sebarkan ke

Beranda

Resep

Artikel

Produk

Favorit

Kebijakan Privasi

Kebijakan Cookie

Kontak Kami

© Copyright 2021 Unilever

Resep

Artikel

Favorites

Profil

Masuk

Anda harus masuk terlebih dahulu.

Masuk untuk menyimpan resep dan artikel favoritmu.

Masuk menggunakan Facebook

atau

Masuk menggunakan Email

Masuk

Lupa kata sandi

Anda belum mendaftar? daftar di sini

Masuk menggunakan Email

Lupa kata sandi

Masuk

Kembali

Buat akun Anda

Gratis kok, cuma beberapa menit saja.

Daftar dengan Facebook

atau

E-mail

Kata sandi

Minimum 6 karakter.

Konfirmasi kata sandi

Kata sandi tidak cocok.

Tidak dapat disimpan.

Mohon periksa koneksi /atau coba lain waktu.

Daftar & dapatkan inspirasi resep dan berbagai promo menarik

Ganti kata sandi

E-mail apa yang digunakan untuk mendaftar?

Ganti kata sandi saya

Kembali

Selesai

Anda telah terhubung masuk.

Memuat ulang laman semuanya untuk Anda.

Anda akan keluar...

Tidak dapat disimpan

Mohon periksa koneksi atau coba lain waktu.

Ok

Buang dari bagian penyimpanan?

Tidak

Ya

Menunggu

Mau ide menu mingguan, promo dan tips masak?

Daftar sekarang

Artikel tersimpan di bagian favorit.

Artikel dibuang dari bagian favorit.

Bahan dan Alat

Langkah Memasak

1.

(MAS)

Total dibaca: 63x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Oleh: Nurul Cahyaning
No Internet No Life

Cari tahu apa saja yang ada di Internet, dan informasi paling viral hari iniTeknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
Topik Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

KHUSUS UNTUK ANDA

Terbaru, Resep Ikan Nila Asam Manis Pedas