Jago Lagu

Mudah Banget, 7 Makanan Ramadhan yang Jadi Jodohnya Ketupat

Mudah Banget, 7 Makanan Ramadhan yang Jadi Jodohnya Ketupat

Mudah Banget, 7 Makanan Ramadhan yang Jadi Jodohnya Ketupat (Masakapa)

CLCK.MY.ID - Setuju nggak, kalau Lebaran itu makin syahdu jika dirayakan di kampung halaman bersama keluarga tersayang? Sebagai salah satu penghuni baru ibu kota, bulan puasa sering membuat aku mendadak melankolis.

Ketika sahur mendadak ingat ayah, mau berbuka puasa langsung ingat makanan Ramadhan buatan bunda.

Pokoknya bulan puasa ini serba baper! Tapi jangan sedih berlarut-larut ah, semua kebaperan ini akan terbayar ketika menyantap makanan Ramadhan bersama keluarga.

Mudah Banget, 7 Makanan Ramadhan yang Jadi Jodohnya Ketupat


Mulai dari ketupat, opor, sampai es buah.

Sama sesuai aku, keluargaku suka makanan sehat, dan mereka sangat kreatif dalam mengolah makanan Ramadhan yang variatif akan tetapi tetap sehat.


Berikut aku berikan contekan 7 makanan Ramadhan yang jadi jodohnya ketupat.

Rendang Tuna

Teskstur tuna ternyata tidak beda jauh dengan daging sapi lho!


Tiap keluarga boleh punya sajian Lebaran sendiri tapi kalau rendang, wajib hukumnya! Semenjak ayahku kolesterolnya naik, bunda selalu membuat masakan alternatif daging, contohnya ikan atau telur.


Sebagai makanan Ramadhan, rendang tuna ini cocok dipasangkan dengan ketupat karena bumbunya yang legit.


Rendang tuna ini dapat dibilang menu yang unik karena kurang ngetop dibandingkan ‘sepupunya’, si rendang sapi.

Tidak sesuai rendang sapi yang menguras waktu hingga empat jam, rendang tuna ini membutuhkan waktu yang tidak lama dalam memasaknya.

  


Tongseng Jamur

Menu ini masih terinspirasi oleh ayah.

Namanya juga sudah berumur, pasti banyak pantangan makanan ini-itu.


Ayahku itu paling doyan makan tongseng, kalau tidak dijudesin oleh bunda, pasti setiap hari akan makan tongseng.

Semenjak kolesterol beliau naik, bunda mencoba memasak tongseng dengan aneka sayur, eh ternyata tongseng jamur rasanya oke juga! Tekstur jamur tiram sangat lembut dan kenyal, mendekati tekstur daging.

Gulai Nangka 

Suka makan nasi padang? Pasti familiar dengan sayur ini.


Gulai nangka ini cukup simple, hidangan ini berbahan dasar nangka muda yang diolah bersama aneka rempah rempah segar sehingga menghasilkan sayuran berkuah yang kaya bumbu.

Karena kita sekeluarga bukan penggemar santan, maka santan diganti dengan susu almond.

Takut rasanya berubah? Percaya deh, kalau kamu tidak diberitahu, pasti tidak akan tau perbedaan kuah gulai santan dengan kuah gulai susu almond.

Sama-sama gurih!

Sate Taichan

Nah, kalau teman makan ketupat yang satu ini adalah ‘pendatang baru’ di meja makan keluargaku saat Lebaran.

Jadi ceritanya ketika aku pulang ke rumah tahun kemarin, aku iseng masak sate taichan untuk makan malam, eh ternyata ludes diserbu.

Menurut aku, sate taichan ini adalah pilihan paling aman untuk kamu yang suka sate tapi tetap ingin hidup sehat.

Meski sama-sama dibakar, sate taichan tidak diberi bumbu kecap atau kacang sesuai sate pada umunnya.

Sate taichan disajikan bersama sambal dan perasan jeruk nipis.

Kalau tidak punya arang untuk membakar, kamu dapat memasak dengan menggunakan panci tanpa minyak.

Opor T3 (Telur, Tahu, Tempe)

Adikku punya panggilan kesayangan untuk menu yang satu ini, opor protein katanya.

Kenapa? Isian opor ini adalah telur, tahu, dan tempe.

Pesta protein! Sebenarnya daging ayam sudah cukup sehat, asalkan tidak dimasak dengan kulitnya,

Semur Labu Siam

Kalau menu yang ini adalah hidangan andalan bunda.

Kata beliau sih, dia sudah jago masak semur labu siam semenjak masih pakai seragam putih abu.

Rahasia dari kelezatan menu ini ada di penggunaan kecap berbahan kedelai hitam.

Lebih manis dan gurih.

Ayam Betutu

Kelihatan mewah ya! Ayam Betutu ini memang spesial.

Siapa sih yang tidak suka dengan olahan ayam berbumbu? Kalau ayam betutu ini ada di atas meja makan saat Lebaran, artinya sedang ada tamu kehormatan.

Meski tidak susah, mengolah ayam betutu ini perlu kesabaran.

Ayam harus diungkep setidaknya selama dua jam hingga benar-benar lembut dan bumbu meresap sempurna.

 

Sebarkan artikel

Buka Puasa

Idul Fitri

Sahur

Sebarkan artikel

Telusuri berdasarkan


Inspirasi Dapur

Makanan & Gaya Hidup

Tips Masak

Artikel terkait

4 Olahan Pisang a la MAHI untuk Camilan Sore yang Lezat

Makanan & Gaya Hidup

4 Ide Olahan Kentang untuk Lauk yang Akan Lengkapi Menu Makan Malammu!

Makanan & Gaya Hidup

Jangan Takut Masak Daging Sapi, Inilah 5 Tips Mengolahnya yang Mudah

Tips Masak

4 Resep Idul Adha Istimewa untuk Ide Masak Hari Raya

Makanan & Gaya Hidup

4 Menu Olahan Daging Cincang untuk Makan Malam Hari Ini

Makanan & Gaya Hidup

4 Aneka Olahan Daging Sapi Berkuah Pelengkap Menu Idul Adha

Makanan & Gaya Hidup

Artikel lainnya

Tutup

Sebarkan ke

Beranda

Resep

Artikel

Produk

Favorit

Kebijakan Privasi

Kebijakan Cookie

Kontak Kami

© Copyright 2021 Unilever

Resep

Artikel

Produk

Favorites

Profil

Masuk

Anda harus masuk terlebih dahulu.

Masuk untuk menyimpan resep dan artikel favoritmu.

Masuk menggunakan Facebook

atau

Masuk menggunakan Email

Masuk

Lupa kata sandi

Anda belum mendaftar? daftar di sini

Masuk menggunakan Email

Lupa kata sandi

Masuk

Kembali

Buat akun Anda

Gratis kok, cuma beberapa menit saja.

Daftar dengan Facebook

atau

E-mail

Kata sandi

Minimum 6 karakter.

Konfirmasi kata sandi

Kata sandi tidak cocok.

Tidak dapat disimpan.

Mohon periksa koneksi /atau coba lain waktu.

Daftar & dapatkan inspirasi resep dan berbagai promo menarik

Ganti kata sandi

E-mail apa yang digunakan untuk mendaftar?

Ganti kata sandi saya

Kembali

Selesai

Anda telah terhubung masuk.

Memuat ulang laman semuanya untuk Anda.

Anda akan keluar...

Tidak dapat disimpan

Mohon periksa koneksi atau coba lain waktu.

Ok

Buang dari bagian penyimpanan?

Tidak

Ya

Menunggu

Mau ide menu mingguan, promo dan tips masak?

Daftar sekarang

Artikel tersimpan di bagian favorit.

Artikel dibuang dari bagian favorit.

Bahan dan Alat

Langkah Memasak

1.

(MAS)

Total dibaca: 143x | Berikan Komentar!

Hosting Unlimited Indonesia


Oleh: Nina Vina Lovenya
No Internet No Life

Teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot.

Komentar (0)
* Beli Ketupat Beli Pepaya, Gimana Cara Koment Yaa? *
TOPIK HANGAT
Topik Populer

Jasa Pembuatan Aplikasi Website Database Custom!

Pembuatan Website!

KHUSUS UNTUK ANDA

Info Terkini, Ragam Tips Membuat Bekal Anak